Kamis, 11 Februari 2016

Pondok Pesantren Hidayatul Qur'an Kaliwungu



YAYASAN PONDOK PESANTREN
“HIDAYATUL QUR’AN”

Akta Notaris : Kristiyani S.H M.Kn No : 14 Tanggal 18 April 2015
SK MENKUMHAM : AHU- 0006438.AH 01.04 TH 2015 – 04 Mei 2015

Alamat :  JL. KH.Asyari No . 31 Desa Krajan Kulon, Kec.Kaliwungu,  Kab.  Kendal   Jawa Tengah Kode Pos 51372 (Contact Person : 085 741 851 599)


Perkembangan pendidikan Islam di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari kontribusi besar pondok pesantren dan lembaga pendidikan agama dan keagamaan lainnya. Bahkan belakangan ini, seiring dengan pesatnya arus pendidikan modern, pendidikan Islam telah giat berbenah diri. Bila sejauh ini –pondok pesantren khususnya dan lembaga pendidikan agama dan keagamaan umumnya– seringkali dilekatkan sebagai lembaga pendidikan ala kaum tradisional, kini ia merambah masuk ke berbagai bidang “di luar” ilmu pengetahuan keagamaan-keislaman, yaitu ilmu-ilmu yang lazim dipahami oleh sebagian besar masyarakat sebagai “ilmu umum”. Meskipun sebenarnya Islam tak mengenal dikotomi ilmu agama atau ilmu umum.

Istilah pendidikan diniyah yang jamak diselenggarakan di lembaga-lembaga pendidikan agama dan keagamaan selalu mengacu pada makna pendidikan agama. Semua ilmu yang diajarkan telah mencakup seluruh bidang kehidupan dan tidak hanya masalah-masalah keagamaan-keislaman saja.

Ini menandakan bahwa Islam adalah ajaran yang mengatur semua aspek kehidupan manusia. Ia hadir tidak saja di dalam ranah paling pribadi setiap muslim, tapi juga di dalam selaksa aksi sistemik-struktural manusia. Tentu saja ini isyarat bahwa Islam ingin agar Allah SWT tak hanya hadir sebagai zat yang memengaruhi kehidupan personal manusia, tapi juga kehidupan sosialnya. Dengan kata lain, pendidikan Islam merupakan sebuah upaya pembangunan tatanan ilmu pengetahuan keagamaan yang holistik.

Hanya saja, kita tak boleh berbangga dengan perkembangan kuantitatif ini. Pasalnya perkembangan keadaban publik tak selamanya berbanding lurus dengan perkembangan lembaga pendidikan agama dan keagamaan yang begitu pesat. Banyak kalangan menilai saat ini bangsa Indonesia tengah tertimpa malapetaka peradaban yang belum dapat ditemukan rumusan solutifnya. Nilai-nilai luhur tradisi, etika, agama, serta tertib sosial seperti tak berfungsi sama-sekali. Masalah kian bergejolak tatkala hampir tak ditemukan lagi suri teladan yang baik di dalam institusi Keluarga, masyarakat, dan di tingkat yang lebih besar; negara-bangsa (nation-state).

Kondisi moralitas umat saat ini masih sangat memprihatinkan. Itulah salah satu penyebab utama keterbelakangan negeri ini. Hal tersebut sangat terkait dengan kurangnya perhatian terhadap penanaman akhlak mulia, sekalipun dari sisi ilmu pengetahuan menunjukkan perkembangan yang menggembirakan.
Pola pendidikan yang tengah berjalan, pada umumnya masih jauh dari penanaman nilai-nilai keislaman yang luhur, sehingga berdampak pada kemerosotan akhlak dan penyimpangan perilaku. Karena itu menjadi urgen dan strategis untuk menghadirkan Al-Qur’an dalam setiap sisi kehidupan. Penanaman nilai-nilai Al-Qur’an akan memberikan imunitas terhadap para santri serta menjadi cahaya dan penuntun hidup untuk menggapai kemajuan dan ridho Allah SWT.

LATAR BELAKANG
Yayasan Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an Kaliwungu didirikan dengan sebuah cita-cita yang luhur yakni menyiapkan Generasi Robbani. Generasi yang sangat istimewa dalam sejarah awal perjalanan Islam, yang dibentuk oleh manusia agung yakni Rasulullah SAW. Generasi itu terkenal dengan sebutan Generasi Qur’ani.
Lahirnya Generasi Qur’ani tentu saja didukung dengan interaksi yang komprehensif terhadap Al-Qur’an dalam bentuk; Tilawah, Tafhim, Tahfizh, dan Tathbiq nilai-nilai yang ada di dalamnya. Sehingga muncul kecintaan terhadap Al-Qur’an. Keempat bentuk interaksi terhadap Al-Qur’an tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Ketiadaan pada salah satunya meniscayakan adanya bagian yang tidak sempurna dari tujuan Al-Qur’an diturunkan kepada umat manusia.
Lembaga pendidikan model pesantren yang berasrama (boarding school) menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mewujudkan cita-cita di atas. Sehingga dalam keseharian, seluruh santri dapat menjalani proses pembiasaan dengan berbagai media dan cara. Besar harapan, dari pesantren ini akan kembali lahir kader-kader umat yang Qur’ani.


VISI YPP– HQK :

Mencetak Generasi Qur’ani, Berakhul Karimah,  Berguna Bagi Nusa dan Bangsa



MISI YPP – HQK :

1.    Mencetak Santri Penghafal A-Qur’an
2.    Mendidik Santri Berakhlakul Karimah
3.    Mengkader Santri menjadi pribadi yang cinta Tanah Air dan Berkhidmat Kepada Masyarakat, Nusa & Bangsa
4.    Membentuk Satu Keluarga yang berazazkan atas Syariat Islam Ahlussunah Wal Jama’ah An-nahdiyah dan Pancasila, dengan mengutamakan kehidupan rukun yang nyata ,diliputi rasa kekeluarga’an yang mendalam, tanpa membedakan setatus sosial masyarakat.
5.    Menjaga dan Melestarikan budaya islam dalam kehidupan bermasyarakat.

KURIKULUM PESANTREN
Adapun Kurikulum Yayasan Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an Kaliwungu antara lain :
1.    Kurikulum Al-Qur’an yang meliputi; Tahktimul Qur’an, Tahfizhul Qur’an, dan Tafhimul Qur’an,.

- Program Takhtimul Qur’an adalah program Al-Qur’an pertama yang dijalankan para santri. Santri tidak diizinkan untuk mengikuti tahfizh sebelum selesai mengkhatamkan Al-Qur’an 30 Juz binadzhor
- Program Tahfizh adalah program yang memiliki alokasi waktu paling banyak yang terbagi dalam 4 waktu; pertama, setelah sholat Subuh yang digunakan untuk mendarus putaran, kedua, setelah sholat Zuhur yang digunakan untuk menyiapkan setoran malam hari, ketiga, setelah sholat Ashar yang digunakan untuk murojaah / mengulang hafalan, dan keempat, setelah sholat Maghrib yang digunakan untuk menyiapkan setoran hafalan.

- Program Tafhim adalah program penyempurna dari program tahfizh yang
di isi dengan pengajian Tafsir Al-Qur’an. Dengan program ini diharapkan para santri dapat memahami dan menghayati hafalan Al-Qur’an yang sudah disetorkan.

2. Kurikulum Tarbiyah, yang menekankan pada pertumbuhan potensi santri yang menyeluruh dan berimbang yang meliputi Aqidah, Ibadah, Akhlaq, Keterampilan dan potensi lainnya.

KEGIATAN PESANTREN
Adapun jadwal kegiatan harian di Pesantren Yayasn Hidayatul Qur’an Kaliwungu adalah:

JADWAL AKTIVITAS HARIAN SANTRI PUTRA
WAKTU
JENIS KEGIATAN
SANTRI
TEMPAT
KETERANGAN
03.30 – 04.00
Qiyamullail & MCK
Semua Santri
Kondisional
Fardlu kifayah
04.00 – 04.45
Jama'ah Subuh
Semua Santri
Mushola YPP-HQ
Wajib
04.45 – 05.30
Darusan Wajib/ Putaran
Semua Santri
Mushola YPP-HQ
Wajib
05.30 – 06.00
Ta'limul Qur'an
(Pengajian Tafsir)
Semua Santri
Mushola YPP-HQ
Wajib
06.00 – 06.30
MCK & Sarapan Pagi
Semua Santri
------------------------
Bebas
07.45 – 13.30
Kegiatan KBM Sekolah
Sebagian santri
Sekolah
(diluar Pon-Pes)
---------
13.30 – 14.00
Sholat Dzuhur + Makan
Semua Santri
-------------------------
Bebas
14.00 – 15.00
Istirahat
Semua Santri
Kamar Santri
Wajib
15.00 – 15.45
Jama'ah Ashar & Muroja’ah Al-Qur'an
Semua Santri
Mushola YPP-HQ
Wajib
15.45 – 17.00
Kegiatan Olah Raga
Pencak Silat LBI-Harimau Putih

Sebagian Santri

Lapangan Pesantren

Fardlu Kifayah
17.00 – 17.45
Istirahat
Semua Santri
---------------------------
Bebas
17.45 – 18.15
Jam'ah Maghrib
Semua Santri
Mushola YPP-HQ
Wajib
18.15 – 19.00
Pengajian Al-Qur’an Bin Nadzhor
Sebagian Santri
Ndalem Pengasuh
Wajib
19.00 – 19.30
Jama'ah Isya' & Pengajian Kitab Kuning
Semua Santri
Mushola YPP-HQ
Wajib
19.30 – 20.00
Makam Malam
Semua Santri
---------------------------
Bebas
20.00 – 22.30
Setoran Hafalan Qur’an Bil Ghoib &
Wajib Belajar
Sebagian Santri
Ndalem Pengasuh
Wajib
22.30 -23.00
Bebas
Semua Santri
----------------------------
Wajib
23.00-03.30
Tidur
Semua Santri
Kamar Santri
Wajib
     
  
JADWAL AKTIVITAS MINGGUAN SANTRI PUTRA
NO
JENIS KEGIATAN
HARI
JAM
TEMPAT
1
KAJIAN KITAB
AL-HIKAM & IHYA ULUMUDIN
AHAD
08.00- Dzuhur
Dalem Pengasuh
2
ISTIGHOSAH AL-KAROMAH
MALAM AHAD
Ba’da Isya - Selesai
Mushola YPP-HQ
3
LATIHAN PENCAK SILAT
BAGI SANTRI DEWASA
MALAM AHAD
Setelah Setoran Hafalan Al-Qur’an
Lapangan Pesantren
4
HIZIBAN + KHITOBAHAN
MALAM SELASA
Ba’da Isya - Selesai
Mushola YPP-HQ
5
TAHLIL + AL-BARJANJI

MALAM JUM'AT

Ba’da Isya - Selesai
Mushola YPP-HQ
6
KAJIAN KITAB
TAFSIR MUNIR
JUM'AT SORE
Ba’da Ashar
Dalem Pengasuh


NB :
Pengajian Al-Quran libur pada hari Malam selasa dan digantikan dengan Hiziban dan Khitobahan bersama seluruh santri, pada malam Jum’at pengajian Al-Qur’an juga dilburkan dan digantikan dengan Tahlil dan Al-Barjzanji, wabilkhusus pada malam Ahad kegiatan Isthigosah bagi para santri diteruskan setoran Al-Qur’an bilGhoib didalem Pengasuh.
Dikarenakan pada tahun 2016 ini sedang diadakan Renovasi Pesantren maka jadwal kegiatan bisa berubah sesuai kondisional . Terimakasih
Info Lanjut bisa menghub :
(085 741 851 599 Atas Nama Ust.Muhammad Mukhlis Al-Hafidz)
Email : Harimauputih1987@gmail.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.